Sabtu, 30 November 2013

Akademi Teknik Elektromedik


apa itu ATEM ??

pertanyaan ini selalu di lontarkan ketika di tanya di mana kuliah ?? 
jawabx: di ATEM...
Q: apa itu ATEM?? akademi terminal malengkeri atau Anak Tidak mEmiliki Moral ??
S: ATEM singkatan dari Akademi Teknik Elektromedik
lebih jelas..............
atem
logo ATEM Makassar
Tenaga Elektromedis adalah profesi yang masih sangat asing bagi masyarakat. Oleh karena itu sudah pasti sebagian besar masyarakat juga masih belum tentu mengetahui institusi pendidikannya. Padahal profesi ini sudah diakui pemerentah melalui PP Nomor 32 tentang Tenaga Kesehatan.

Pada Bab II pasal 2 tentang Jenis-jenis Tenaga Kesehatan, pada ayat 8 menyatakan: Tenaga keteknisian medis meliputi radiografer, radioterapis, teknisi gigi, teknisi elektromedis, analis kesehatan, refraksionis optisien, otorik prostetik, teknisi transfusi dan perekam medis”.

Bagaimana prospek lulusannya?. Pertanyaan ini pasti dilontarkan oleh para calon mahasiswa dan mungkin orangtuanya yang ingin mendaftar ke perguruan tinggi. Untuk lulusan D3 Teknik Elektromedik sudah jelas dari data diatas peluang bekerjanya masih sangat tinggi karena di Indonesia masih kekurangan. Untuk bekerja di Rumah Sakit negeri maupun swasta masih terbuka lebar. Khusus Rumah Sakit negeri atau Instansi depkes rekrutmennya melalui CPNS yang tiap tahun diadakan. Apalagi beberapa tahun terakhir beberapa pemkab/ pemkot, pemprov dan pusat selalu membuka formasi untuk tenaga elektromedis yang akan ditempatkan di beberapa intansi seperti Rumah Sakit, Dinas Kesehatan, Puskesmas, Litbang dan Balai Pemeliharaan Fasilitas Kesehatan (BPFK). Dari pengamatan IKATEMI ada beberapa formasi tenaga elektromedis untuk CPNS di daerah-daerah tertentu di Indonesia kebanyakan di luar Jawa tidak ada yang mendaftar. Dan ada beberapa yang mendaftar cuma satu orang tidak ada pendaftar lain sehingga tidak ada kesulitan bagi yang bersangkutan untuk diterima sebagai PNS. Bandingkan dengan formasi CPNS untuk tenaga kesehatan yang lain atau profesi lain yang mungkin satu formasi diperebutkan oleh ratusan orang bahkan ribuan orang. 
 dari data IKATEMI (Ikatan ElektroMedis Indonesia) tahun 2010, Indonesia masih membutuhkan sekurang-kurangnya 8000 tenaga elektromedis untuk Rumah Sakit dan Perusahaan alat kesehatan. sementara , insitusi elektromedik di seluruh indonesia hanya mampu meluluskan kurang lebih 300 orang tiap tahun, khusus ATEM MAKASSAR hanya mampu meluluskan kurang lebih 40 orang tiap tahun .

Bagi lulusan D3 elektromedik yang ingin melanjutkan ke jenjang S1 maka banyak perguruan tinggi terkenal yang dapat menampungnya. Misalnya jurusan S1 Fisika Medis UNDIP, UNHAS Teknik Instrumentasi dan Kedokteran Nuklir UGM atau jurusan Elektro di semua perguruan tinggi baik swasta maupun negeri, dan setiap lulusan akademi teknik elektromedik setelah lulus akan di naungi oleh sebuah organisasi profesi.yaitu IKATEMI.
demikianlah sedikit tentang ATEM semoga bermanfaat by Muhlis di ambil dari berbagai sumber dan pengalaman sendiri 26 April 2012 pukul 20:00 wita

Apa Itu IKATEMI nantikan episode selanjutx...???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar